Ibrahim Kaligrafi

Mengenal Seni Kaligrafi Hingga Perkembangan Sesuai Zaman

ibrahim kaligrafi, menyediakan jasa kaligrafi dinding, kubah, kaligrafi timbul, kaligrafi ACP (alucopan), Acrylic dan GRC (beton).

Ibrahim Kaligrafi – Seni kaligrafi menampilkan penggalan ayat Al-Quran maupun hadis yang dilukis dengan indah dengan proporsi yang sesuai, jika mendengar kata kaligrafi, biasanya seseorang akan langsung mengarah pada seni tulisan Arab yang umumnya dijadikan hiasan di masjid atau menjadi hiasan dinding yang diberi pigura. Tulisan Arab yang disajikan dalam seni kaligrafi tersebut biasanya diambil dari sepenggal ayat di dalam Al-Quran.

Bagi umat Islam, kaligrafi menjadi seni yang sangat populer. Di mana dalam kaligrafi tersebut tidak hanya sekadar tulisan Arab saja, tetapi tulisan Arab yang menunjukkan unsur estetis ketika seseorang melihatnya. Meski begitu, bagi bangsa Arab sendiri, tulisan tidaklah menjadi hal yang terlalu dianggap penting pada masa lalu. Karena di zaman dahulu, budaya untuk menulis masih bisa dikatakan rendah. Justru di saat itu yang sangat dibanggakan oleh bangsa Arab adalah syair yang diucapkan secara lisan.

Seiring berjalannya waktu, seni kaligrafi pun mulai dikenal secara luas, bahkan menjadi karya seni Islam yang memberikan pengaruh tersendiri di dunia seni lukis. Salah satu pelopor dari perkembangan kaligrafi Arab adalah al-Raih yang mengembangkan kaligrafi di masa kekhalifahan al-Ma’mun dari Dinasti Abasiyah.

Apa Itu Seni Kaligrafi ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kaligrafi adalah seni menulis indah dengan pena. Sedangkan menurut Al Qoshid, kaligrafi adalah suatu ilmu yang akan memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, di mana letak-letaknya, dan cara-caranya dalam merangkai susunan ayat-ayat tersebut menjadi sebuah kalimat tersusun indah.

Kemudian menurut Rahman, kaligrafi adalah rangkaian huruf-huruf hijaiyah yang memuat ayat-ayat Al-Quran maupun hadis ataupun kalimat hikmah di mana rangkaian huruf-huruf tersebut dibuat dengan proporsi yang sesuai, baik jarak maupun ketepatan sapuan huruf.

Jenis-jenis Seni Kaligrafi

Dalam seni kaligrafi terdapat beberapa jenis yang biasanya dibuat oleh seseorang. Tentunya dalam setiap jenis seni kaligrafi tersebut memiliki kekhasan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis seni kaligrafi yang perlu diketahui:

  • Khat Naskhi : Jenis kaligrafi ini banyak digunakan oleh orang Islam. Bahkan pada abad ke-10, jenis kaligrafi ini sangatlah populer dan banyak digunakan untuk menulis mushaf Al-Quran. Ciri khasnya adalah memiliki tampilan karakter huruf yang sederhana.
  • Khat Tsuluts : Jenis seni kaligrafi yang kedua adalah khat tsuluts dari seorang menteri bahasa Arab pada masa Khalifah Abasiyah. Ciri khasnya adalah tampak ornamental dengan hiasan yang mampu menunjukkan kesan indah.
  • Khat Kufi : Jenis seni kaligrafi yang ketiga adalah khat kufi. Biasanya tulisan ini digunakan untuk menyalin Al-Quran di periode awal. Bahkan inilah jenis seni kaligrafi yang paling tua. Untuk pertama kalinya jenis seni kaligrafi khat kufi berkembang di kota Kufah, Irak.
  • Khat Farisi : Inilah seni kaligrafi yang dikembangkan oleh orang Persia dan telah menjadi huruf resmi bangsa tersebut sejak Dinasti Safawi hingga sekarang. Ya, jenis seni kaligrafi tersebut bernama khat farisi.
  • Khat Diwani : Khat diwani adalah jenis seni kaligrafi yang dikembangkan oleh Ibrahim Munif. Kemudian pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16 disempurnakan oleh Syaikh Hamdullah serta kaligrafer Daulah Usmani di Turki. Biasanya khat diwani digunakan dalam penulisan kepala surat resmi dari kerajaan. Ciri khasnya adalah memiliki karakter yang gayanya bulat dan tidak menggunakan harakat. Keindahannya bisa terlihat dari permainan garis serta ada tinggi dan turun dalam beberapa huruf. Biasanya seni ini digunakan dalam arsitektur dan sampul di buku.
  • Khat Riq’ah : Kemudian ada jenis seni kaligrafi khat Riq’ah yang adalah perkembangan dari gaya naskhi dan tsuluts. Khat riq’ah ini dikembangkan oleh Daulah Ustmaniyah yang biasanya digunakan untuk tulisan tangan dan juga kepentingan praktis. Ciri khas dari khat riq’ah adalah karakter huruf yang sederhana, tidak menggunakan harakat, sehingga penulisannya pun bisa dilakukan dengan cepat.
  • Khat Diwani Jali : Jenis seni kaligrafi ini adalah bentuk perkembangan dari gaya diwani. Di mana jenis ini diperkenalkan oleh Hafiz Usman yang adalah kaligrafer populer pada masa Daulah Ismani di Turki. Khat diwani jail ini penulisannya menggunakan harakat yang menunjukkan kebutuhan akan dekoratif. Sehingga fungsinya tidak hanya sekadar sebagai tanda baca saja. Seseorang yang membacanya biasanya harus beberapa kali melihat dan membaca agar bisa benar-benar paham dengan tulisan tersebut.
    Biasanya khat diwajin jail digunakan utnuk interior masjid maupun benda-benda hias.
  • Khat Ijazah : Khat ijazah adalah seni kaligrafi hasil perpaduan dari gaya tsuluts dan naskhi. Penulisannya dikembangkan oleh kaligrafer profesional Daulah Usmani. Biasanya penulisan khat ijazah digunakan dalam penulisan ijazah dari guru kaligrafi pada muridnya. Ciri khas dari khat ijazah sama dengan gaya tsuluts. Tetapi jenis khat ijazah lebih sederhana dan hiasannya hanya sedikit.
    Selain itu, jenis ini juga tidak umum jika ditulis secara bertumpuk atau murakkab.

Irulah tadi beberapa jenis kaligrafi dari perkembangan zaman, sedangkan dizaman sekarang kaligrafi biasanya digunakan untuk memperindah estetika keindahan masjid. Untuk informasi jasa kaligrafi masjid bisa menghubungi Ibrahim Kaligrafi : 0852-3007-7775

admin

admin

Leave a Replay

About US

Ibrahim caligrapgy merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa kalgrafi islam untuk menciptakan tempat dengan nuansa islami

Recent Posts

Follow Us

Weekly Tutorial